el mozza

KLINIK EL'MOZZA

Motto Klinik

“Trusted, Care And Profesional”

Memilih Bidan Kehamilan yang Tepat Demi Ibu dan Janin yang Sehat

Memilih Bidan Kehamilan yang Tepat Demi Ibu dan Janin yang Sehat

Masa kehamilan menjadi sebuah perjalanan berharga bagi setiap wanita. Ada banyak hal baru yang akan ditemui dan tentu muncul kewajiban baru yang harus ditanggung. Salah satunya adalah memeriksakan kondisi ke bidan kehamilan. Kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai konsultasi kehamilan ke bidan serta bagaimana cara memilih bidan yang tepat.

Tugas Bidan Kehamilan

Sebelum memilih konsultasi ke bidan, tentu ibu hamil harus paham apa saja sebenarnya tugas dari seorang bidan. Sering dianggap hampir sama seperti dokter kandungan, namun bidan juga punya lingkup tugasnya sendiri yang tidak sama dengan dokter kandungan. Berikut adalah beberapa tugas bidan kehamilan yang penting untuk dipahami:

1. Memberikan Edukasi

Bidan memiliki tugas untuk memberi edukasi kepada ibu hamil mengenai kehamilan dan persalinan. Bahkan sebelum memasuki masa kehamilan, bidan bisa memberikan edukasi bagi kaum wanita untuk mempersiapkan kehamilannya. Bidan bisa dikatakan sebagai tenaga kesehatan terdekat yang bisa menjangkau kaum perempuan dan ibu hamil untuk memberi edukasi seputar kehamilan.

Tak hanya tentang kehamilan dan persalinan, bidan juga bisa memberi edukasi mengenai kesehatan reproduksi. Bidan juga bisa menjangkau remaja putri agar lebih sadar tentang kondisi tubuhnya. Mulai dari kelancaran haid hingga gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kesehatan reproduksi.

2. Memeriksa Janin

Bidan juga bertugas melakukan pemeriksaan janin pada ibu hamil. Pemeriksaan janin oleh bidan dapat dilakukan memakai peralatan elektronik yang dibutuhkan. Lewat bidan, kondisi kehamilan berisiko tinggi bisa terdeteksi sehingga pasien dapat dialihkan ke dokter kandungan. Pemeriksaan oleh bidan juga bisa menjadi sumber informasi bagi ibu untuk mengenali seperti apa kondisi kesehatan janin di rahimnya.

3. Memberi Perawatan Pranatal

Tugas bidan berikutnya adalah memberikan perawatan pranatal kepada pasien. Mulai dari pemberian layanan konsultasi dengan pasien hamil dan pemberian suplemen kehamilan. Bidan memiliki tugas membantu ibu hamil menjaga kondisi kandungan dan memantau perkembangan janin hingga siap dilahirkan nanti.

4. Membantu Proses Kelahiran Spontan

Bidan bisa memfasilitasi ibu hamil untuk menjalani persalinan secara spontan. Perlu dipahami bahwa bidan hanya akan membantu ibu hamil yang memungkinkan untuk melakukan persalinan spontan, bukan bedah caesar. Jika dalam pemeriksaan ditemukan kemungkinan persalinan caesar akibat kondisi kehamilan berisiko tinggi maka bisa diserahkan kepada dokter kandungan.

Keunggulan Konsultasi Kehamilan ke Bidan

bidan kehamilan

Memilih berkonsultasi ke bidan kehamilan bisa jadi sebuah keputusan yang tepat karena ada banyak keuntungan. Layanan kesehatan dari bidan terbukti bisa membantu ibu hamil menjalani masa kehamilan dengan lebih nyaman. Berikut adalah beberapa keuntungan melakukan konsultasi dengan bidan kehamilan:

1. Biaya Lebih Hemat

Perjalanan hamil dan melahirkan tidak bisa dibilang murah. Dibutuhkan persiapan biaya yang cukup banyak mulai dari biaya konsultasi, suplemen kehamilan, hingga biaya persalinan. Salah satu keuntungan melakukan konsultasi ke bidan adalah biaya yang ditanggung bisa lebih hemat. Jika dibandingkan dengan biaya konsultasi ke dokter kandungan, maka biaya konsultasi bidan jauh lebih terjangkau.

Tapi jangan salah, walaupun biayanya lebih terjangkau bidan tetap punya kualitas yang bisa dipercaya. Bidan memiliki kompetensi yang mencukupi untuk memberikan konsultasi dan pendampingan kepada ibu hamil. Selama kondisi kehamilan tidak berisiko tinggi maka konsultasi dengan bidan sudah lebih dari cukup.

2. Waktu Konsultasi Lebih Lama

Konsultasi dengan bidan akan membuat ibu hamil punya waktu yang lebih lama untuk bertanya. Waktu konsultasi bisa lebih lama dibandingkan konsultasi dengan dokter kandungan. Dokter kandungan biasanya sibuk dan punya banyak pasien mengantri. Belum lagi berbenturan dengan jadwal dinas di rumah sakit.

Berkonsultasi dengan bidan kehamilan akan membuat ibu hamil merasa lebih santai. Ada waktu yang cukup lama untuk berkonsultasi dan menanyakan semua hal seputar kehamilan. Edukasi bersama bidan juga bisa dirasakan lebih efektif karena tidak diburu waktu.

3. Terasa Seperti Teman

Ibu hamil harus merasa nyaman dengan tenaga kesehatan yang mendampinginya selama masa kehamilan. Bersama bidan, ibu hamil bisa merasa mendapat pendampingan dari temannya sendiri. Bidan bisa terasa seperti seorang teman dan punya hubungan yang dekat dengan ibu hamil. Hal ini akan membuat bidan dan ibu hamil punya koneksi yang baik. Sang ibu juga bisa merasa lebih rileks saat mulai mendekati masa melahirkan nanti karena merasa didampingi oleh teman sendiri.

4. Mendapat Pendampingan Penuh

Bidan bisa memberikan pendampingan penuh kepada ibu hamil. Lain halnya dengan dokter kandungan yang punya banyak pasien. Saat melahirkan pun dokter kandungan tidak bisa menemani setiap saat karena harus memeriksa pasien-pasien lainnya. Namun bersama bidan, ibu hamil bisa mendapat pendampingan penuh. Bidan bisa menemani ibu hamil untuk menghadapi masa kehamilan juga saat sudah memasuki tahap kontraksi.

5. Punya Banyak Pilihan Tempat Melahirkan

Berkonsultasi dengan bidan akan membuat ibu hamil punya banyak pilihan tempat melahirkan. Ibu hamil tidak harus melahirkan di rumah sakit. Ada beberapa pilihan lain seperti klinik bersalin bahkan hingga persalinan di rumah pribadi. Jika bisa melahirkan di tempat pilihan yang disukai maka akan terasa lebih nyaman.

Memilih Bidan Terbaik

Ada banyak sekali nama bidan yang mungkin dapat ditemui. Ibu hamil harus selektif memilih tenaga kesehatan yang akan mendampingi. Berikut adalah beberapa tips memilih bidan kehamilan terbaik untuk menemani masa kehamilan dan persalinan.

  • Pilih bidan yang terpercaya: Pastikan untuk berkonsultasi ke bidan yang sudah terpercaya. Periksa apakah bidan sudah memiliki surat izin praktik atau belum. Pilih bidan yang kredibel dan bisa diandalkan. Rekomendasi dari orang-orang di sekitar juga akan sangat membantu.
  • Pilih berdasarkan lokasi: Kunjungi bidan yang lokasi praktiknya paling dekat dengan tempat domisili. Ini dilakukan agar lebih mudah untuk menjangkau bidan apabila terjadi hal-hal darurat. Jika memang merencanakan untuk melahirkan di bidan, maka akan lebih mudah dan cepat juga untuk mendapatkan bantuan.
  • Sesuaikan dengan rencana bersalin: Pilih bidan yang menganut proses bersalin sesuai dengan keinginan. Misalnya, ibu hamil ingin melahirkan spontan dengan metode water birth maka pilih bidan yang mendukung. Bisa juga ibu hamil menginginkan persalinan dengan metode gentle birth maka pilih bidan yang bisa mengakomodasi metode tersebut.
  • Periksa fasilitas klinik bersalin: Jika bidan memiliki klinik bersalin maka tanyakan fasilitas apa yang tersedia. Ibu hamil harus memilih fasilitas bersalin yang lengkap sehingga akan merasa lebih aman dan nyaman. Pastikan klinik bersalin menyediakan fasilitas yang memadai sehingga proses persalinan berjalan mulus sesuai rencana.
  • Cek biaya konsultasi: Jangan lupa periksa biaya konsultasi yang berlaku di klinik bidan yang akan dipilih. Sesuaikan pilihan dengan ketersediaan bujet untuk konsultasi masalah kehamilan dengan bidan. Cek juga biaya yang dibutuhkan untuk melakukan persalinan dengan bantuan bidan yang akan dipilih.

Menjalani kehamilan dan mempersiapkan persalinan bersama bidan akan memberi pengalaman yang menyenangkan. Layanan bidan delima El Mozza menjadi pilihan terbaik bagi para ibu hamil. Bidan kehamilan dari El Mozza bisa diandalkan mendampingi selama proses kehamilan hingga melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *