el mozza

KLINIK EL'MOZZA

Motto Klinik

“Trusted, Care And Profesional”

Informasi Lengkap tentang Proses Kehamilan dan Pemeriksaan Kandungan

Informasi Lengkap tentang Proses Kehamilan dan Pemeriksaan Kandungan

Kehamilan merupakan masa-masa atau momen yang sangat diperhatikan oleh para wanita. Pada masa ini wanita banyak melalui berbagai tahapan, mulai dari pembuahan, mulai merasakan mual dan pusing pada masa awal mengandung, konsultasi, hingga proses melahirkan. Oleh karena itu penting bagi sang calon ibu untuk mengetahui informasi apa saja yang dapat menjaga kandungannya.

Tahapan Selama Proses Kehamilan

Masa mengandung dapat dibagi dalam tiga trimester. Dimana pada tiap periode ini biasanya akan berlangsung antara 12 dan 13 minggu. Setiap trimester, perubahan akan terjadi pada tubuh wanita hamil  serta pada janin yang dikandungnya akan berkembang setiap harinya. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut adalah rangkuman sebagaimana umumnya proses mengandung hingga melahirkan pada setiap wanita.

1. Proses Pembuahan

pembuahanPembuahan merupakan suatu proses dimana sebelum terjadinya kehamilan, jutaan sel sperma yang berasal dari pria, berenang dan bersaing menuju sel telur dengan bantuan enzim agar dapat sampai di tujuan. Sperma yang dapat masuk hanya satu saja, sementara yang lainnya dapat dihentikan melalui suatu perubahan kimiawi yang dapat mencegahnya.

Setelah sperma masuk dalam inti sel telur dan membawa kode genetik, kemudian kode genetik yang dibawa sperma tersebut menyatu dengan kode genetik yang dimiliki oleh sel telur yang telah dibuahi. selanjutnya penentuan jenis kelamin dari bayi nantinya didapat dari 46 kromosom sebagai penyusun dari karakteristik genetik.

Proses selanjutnya, sel telur yang sudah dibuahi selanjutnya akan membelah menjadi dua bagian sel, dan selanjutnya berkembang menjadi empat sel. Sel telur tadi akan selalu berkembang. Disaat pembelahan sel telur yang terus terjadi, begitu pula berbarengan dengan proses sel akan bergerak meninggalkan tuba falopi menuju rahim.pada hari ketujuh ini, di mana setelah terjadinya proses pembuahan.

Ketika sel yang terbelah sudah mencapai 30, maka gugusan sel ini dinamakan dengan nama morula. Adapun morula yang sudah mencapai lapisan rahim akan tertanam di lapisan yang dinamakan endometrium. Kelompok sel yang berkembang ini akan semakin matang dan menjadi yang namanya blastokista, sekaligus akan menstimulasi terjadinya perubahan dalam tubuh calon ibu, termasuk berhentinya siklus menstruasi.

2. Trimester Pertama

trimester pertamaMenghitung tanggal awal kandungan bisa dimulai berasal hari pertama daur menstruasi normal terakhir bunda. Namun, pembuahan umumnya terjadi di minggu kedua dan trimester pertama berlangsung dari minggu pertama sampai minggu ke-13 masa mengandung.

Meskipun dilihat secara fisik perubahan pada sang ibu belum terlalu terlihat, namun pastinya terjadi perubahan besar dalam tubuh sang ibu, mirip kadar hormon yang berubah secara signifikan. Rahim akan mulai mendukung pembentukkan plasenta dan janin. Tubuh akan menambah suplai darah buat membawa oksigen serta nutrisi ke janin yg sedang berkembang.

Dalam masa trimester pertama ini, janin akan menumbuhkan seluruh organnya pada akhir bulan ketiga. Makanya, momen-momen ini sangat penting buat mempertahankan pola makanan yang sehat, termasuk juga menambahkan jumlah asam folat untuk membantu mencegah cacat tabung saraf di janin.

Selama trimester pertama, terdapat risiko keguguran yang umumnya cukup tinggi. oleh karena itu, ibu harus menjaga kondisi serta ketahanan tubuh. Tanyakan syarat kesehatan ibu hamil pada dokter atau bidan terpercaya untuk penanganan yang tepat dan baik

4. Trimester Kedua

Tahapan selanjutnya, yaitu di trimester yang ke 2, tanda-tanda morning sickness serta kelelahan berangsur berkurang atau bahkan hilang sama sekali dibandingkan dengan sebelumnya. tetapi, ibu akan melihat lebih banyak perubahan yang terjadi pada tubuh yang terlihat pada perut yang semakin mengembang seiring menggunakan pertumbuhan dari bayi.

Beberapa tes screening biasanya dilakukan pada trimester kedua. Pastikan untuk membicarakan riwayat medis pribadi dan keluarga kepada dokter untuk mengetahui masalah genetik yang dapat memberikan risiko pada janin.

Pada kandungan yang berusia 16 minggu, kulit janin mulai terbentuk serta hampir tembus cahaya serta mereka sudah mulai melakukan gerakan menghisap dengan ekspresi. Beratnya sendiri mencapai hampir 3 ons. kemudian, pada 20 minggu, bayi bunda akan lebih aktif serta mak mungkin merasakan gerakan atau tendangan.

Trimester kedua juga menjadi momen dimana bagian-bagian tubuh janin akan mulai terbentuk seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan otak. Sang ibu juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi di trimester kedua. Biasanya selama trimester kedua, dokter menguji diabetes gestasional yang umumnya dideteksi antara minggu ke-26 dan 28 masa kehamilan.

5. Trimester Ketiga

Trimester ketiga kehamilan berlangsung sejak minggu ke-28 hingga masa kelahiran bayi. pada trimester ketiga ini, janin telah bisa membuka dan menutup mata, lalu menghisap jempolnya. Janin juga sudah bisa menendang, merenggangkan badan, dan merespon cahaya.

Memasuki bulan kedelapan, pertumbuhan otak akan berlangsung terus serta cepat. Ibunya mungkin mampu menerima bentuk siku atau tumit pada perut. Bulan ke 9 atau usia kandungan mencapai 34-36 minggu, paru-paru sudah matang serta siap bekerja sendiri.

Untuk ibunya sendiri akan mendapatkan pemeriksaan teratur yang agak mirip dengan tes urine buat mengetahui kadar protein pada dalam tubuh, menyelidiki tekanan darah, memantau detak jantung janin, serta persiapan-persiapan lain menuju proses persalinan. Agar sang bayi dapat lahir dengan sehat dan ibu yang melahirkannya juga bisa selamat.

Lakukan Pemeriksaan Kandungan

Mengapa seorang wanita yang sedang hamil, harus memeriksakan kandungannya? Tujuannya tidak lain adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan dari sang ibu dan juga bayi yang dikandungnya. Karena jika didapati tubuh ibu yang sedang tidak sehat, dikhawatirkan akan mengganggu tumbuh kembang dari bayi yang dikandung.

Manfaat selanjutnya dari memeriksakan kandungan selama masa mengandung adalah untuk mengetahui lebih awal jika terjadi suatu kelainan yang dialami oleh ibu ataupun bayi yang dikandung. Hal tersebut dapat membahayakan keselamatan dari ibu dan bayinya, maka jika diketahui lebih dulu, diharapkan bisa mengurangi resiko dari suatu kelainan.

Selain akan mendapatkan pemeriksaan, biasanya bidan atau dokter yang menangani akan memberikan nasihat-nasihat tentang cara bagaimana menjaga kesehatan dari ibu dan bayi saat hamil. Tidak hanya itu, bahkan nasihat mengenai melahirkan, dan merawat bayi juga bisa saja diberikan.

Waktu yang Baik untuk Pemeriksaan

Ada baiknya pemeriksaan dilakukan mulai sejak terlambatnya datang bulan ke klinik terdekat untuk memastikan hamil atau tidak. Jika ternyata diketahui hamil, lakukan pemeriksaan kandungan dengan teratur setiap bulannya, paling tidak sebulan sekali. Pastikan selalu didampingi oleh keluarga atau suami ketika melakukan pemeriksaan.

Itulah sedikit informasi seputar proses kehamilan yang mungkin akan menambah wawasan bagi calon ibu diluar sana. Bagi yang berminat untuk melakukan konsultasi seputar kehamilan sampai persalinan bisa langsung menghubungi Klinik El Mozza yang memiliki fasilitas lengkap dalam membantu proses kehamilan hingga persalinan, dengan pendampingan dari bidan yang sudah berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *